Kosong

“Tadi aku ke jurusan, kata Pak A, dosen X gak bisa ngajar hari ini. soalnya jurusan ngasih taunya ndadak ke beliau. jadi beliau gak bisa dateng.”

 

“Terus yang kedua gimana?”

 

“Coba ta’hubungi”

 

Beberapa waktu kemudian

 

“Yang kedua juga kosong nih”

 

“Yah, kalo’ gitu sekalian aja yang terakhir dikosongin. siapa yang megang?”

 

“Pak Z”

 

“Oh, itu bapaknya baik kok. bisa kerja sama ama mahasiswanya”

 

“Tapi aku gak punya nomerny. kamu punya gak?”

 

“Gak punya juga”

 

“Duh, padahal masih lama nih”

 

“Aku pulang aja deh”

 

“Aku juga ah. udah ketauan bakal kosong juga”

 

Sesampainya di kos

 

“Rin, ternyata yang ketiga kosong juga”

 

“Oh ya sudah deh kalo’ gitu. gak ada salahnya juga nek aku pulang. hehe..thanks ya!”

 

Hari pertama kulyah. Lagi semangatnya eh ternyata jamnya malah kosong semua. Mangkel, kesel, jengkel? ada sih, tapi dikit. Kalo’ tau kayak gini, mending jadiin aja ke jogjanya. Tapi entah kenapa, pemikiran seperti itu justru tidak terlintas saat itu&baru datang sekarang ini. Alhamdulillah…Tuhan masih menjaga pikiran saya untuk tidak terlalu banyak mengeluh. hm…

 

Jam kosong saat pertama kali kulyah seperti sudah menjadi tradisi di kampus soshum, meski mungkin tidak semuanya. Apalagi kalo kita sengaja berangkat kuliah&mengorbankan sesuatu yang lain, yang menurut kita penting. Sekali lagi, saya diingatkan, segala sesuatu tidak ada yang sia-sia. Meski kosong, saya tetap datang ke kampus lebih awal. Sambil melihat-lihat suasana kampus baru, ruang-ruang dengan gedung yang memang benar-benar baru, tahu kalau musholanya ternyata belum disekat layaknya mushola stasiun Senen, tahu kalo’ ternyata ketika waktu sholat tidak dikumandangkan adzan, cukup memperkirakan waktu dari jam tangan atau yang menempel di dinding, bertemu dengan seorang akhwat yang saya sendiri lupa kita pernah bertemu di mana tapi dia bisa menebak bahwa namaku Rina (bukan berarti nama pasaran ya!hm.) padahal baru sekali itu ketemu muka. Bisa jadi karna’ masih baru, masih satu semester pindah. Masih serba seadanya. Semoga dalam satu semester ke depan, sudah perubahan, minimal ada kumandang adzan yang menandakan waktu sholat. Tentu kita tidak bisa mengandalkan jam yang bisa kehabisan batere di waktu yang tak terduga.

 

Saya juga bisa berbincang-bincang dengan kawan-kawan sekelas yang ternyata hanya berjumlah 8 orang. Cukup kondusif untuk belajar mengajar, tapi miris juga jika satu angkatan hanya berjumlah 8 orang, ini peminatan kearsipan saja. Belum jelas apa alasannya. Kelas saya termasuk beragam, jika dilihat dari segi umur. Ada yang sudah bekerja, ada yang baru lulus juga. Setidaknya saya tidak merasa paling anak kecil sendiri dalam satu ruangan. Hehe..

 

Well, bagaimanapun keadaannya, kita harus tetap bersyukur, dan berusaha mengambil hikmah dari setiap kejadian, sekecil apapun itu.

 

🙂

About Mujahidah 'Ilmiy

Berjuang, berdakwah dengan keilmuan Lihat semua pos milik Mujahidah 'Ilmiy

Tinggalkan komentar